Spread the love

Sekarang ini metode pembelajaran sudah tidak bisa dilakukan seperti biasanya, karena beberapa kondisi sekarang yang tidak memungkinkan. Ada beberapa kondisi memang yang membuat kita harus melakukan adaptasi dalam cara pembelajaran demi tercapainya keefektifan dalam pembelajaran. Namun mungkin tidak banyak orang yang tahu mengenai system adaptive learning ini dan juga apa sih manfaatnya. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai teknologi pembelajaran ini agar supaya bisa lebih mengenalinya dan pada akhirnya akan memahami apa sih manfaatnya.

Kondisi Membutuhkan Adaptive Learning

Ada beberapa kondisi yang memang membutuhkan kita mempergunakan metode pembelajaran adaptive learning ini supaya pembelajaran bisa lebih efektif. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kondisi yang membuat para guru sebenarnya sangat memerlukan adaptive learning ini untuk para siswanya.

  1. Pandemi

Salah satu alasan yang juga sekarang ini sedang dialami oleh setiap siswa dan guru di dunia itu adalah pandemi covid 19. Ini adalah salah satu pandemic yang membuat kegiatan belajar mengajar sudah tidak bisa dilakukan seperti biasanya lagi. Harus ada proses adaptive untuk bisa tetap menjalankan proses belajar mengajar pada para siswa. Salah satunya adalah menggunakan cara online, dan harus dilakukan proses adaptive ini juga kepada para siswanya supaya tetap efektif.

  1. Perubahan Tren Siswa

Alasan yang kedua adalah perubahan tren siswa, dimana perkembangan jaman sering membuat tren pada siswa berubah. Mungkin cara lama sudah tidak bisa dipakai ataupun kurang efektif untuk mengajar anak pada jaman sekarang. Dengan perubahan ini para guru perlu menggunakan adaptive learning ini agar supaya bisa mengajar dengan jauh lebih efektif.

Metode Adaptive Learning

Pada dasarnya metode adaptive learning itu adalah melakukan beberapa perubahan dalam belajar mengajar dalam rangka adaptasi dengan keadaan. Jadi intinya adalah proses belajar mengajar yang disesuaikan dengan kebutuhan para siswanya dengan memaksimalkan sumber belajar yang ada. Dengan konsep adaptive ini, memang menjadi sangat tepat untuk dipergunakan para guru untuk belajar mengajar pada masa pandemi. Karena akan bisa tetap bisa memberikan pelajaran kepada para murid meski dengan kondisi serba terbatas.

Ada beberapa langkah yang perlu para guru perhatikan apabila akan menerapkan konsep adaptive learning pada peserta didik.

  1. Membangun Minat Belajar Anak

Langkah yang paling awal harus dilakukan para guru untuk bisa menjalankan adaptive learning dengan baik adalah dengan membangun minat belajar. Sehingga anak-anak itu belajar dengan senang bukan karena paksaan untuk belajar setiap harinya. Dengan sistem online memang membuat belajar anak tidak terkontrol, namun disinilah perlu adanya minat belajar. Memberi tahu pentingnya belajar dan manfaat bagi anak tersebut, sehingga proses belajar mengajar online pun tetap efisien.

  1. Mempelajari Saluran Belajar Yang Tersedia

Langkah yang kedua adalah para guru juga harus mempelajari teknologi terkini yang menjadi saluran untuk anak belajar. Dengan konsep online, maka para guru harus mempelajari beberapa media yang memang dibutuhkan untuk bisa melakukan kegiatan belajar mengajar. Harus mempelajari konsep aplikasi online tersebut dan lain sebagainya yang tentunya diperlukan untuk bisa tetap memberikan pengajaran.

Manfaatnya

Manfaat dari penggunaan adaptive learning itu adalah guru bisa mengajari dengan tepat sasaran pada setiap anak. Dengan proses pengajaran yang tepat itu, maka akan membuat anak akan bisa mempelajari dengan baik juga. Ini akan membuat hasil perkembangannya pun akan jauh lebih baik.